cara-membuat-motor-mio-lebih-kencang

http://ajorizal.blogspot.com/2013/08/cara-membuat-motor-mio-lebih-kencang_5.html

Jumat, 26 April 2013

a cara membuat lampu motor lebih terang

alat yg dibutuhkan cuman seekor resistor 680Ohm/1Watt. Tools yang diperlukan solder+timah dan isolasi aja.
penjelasan. kali ini saya menggunakan kiprok grand atau supra.. bisa di aplikasikan ke motor lainya yang berbasis AC.. tinggal mencari kabel yang digunakan untuk lampu.. kalo di grand / supra kuning..
Limit tegangan supply lampu diatur oleh kiprok. Kalau jalur spul lampu ke kiprok kita manipulasi menggunakan resistor, maka tegangan supply ke lampu bisa lebih besar dari standarnya. Hasilnya lampu akan menyala lebih terang pada RPM yang sama, jika dibandingkan dengan tanpa manipulasi. Bagaimana bisa? tegangan di spul dan tegangan yg masuk ke kiprok tidak sama karena kita pasang resistor diantara keduanya. Hal ini membuat kiprok berpikir dia menerima input yg lebih rendah dari yang seharusnya. Karena menerima tegangan yg lebih rendah, maka ketika dia harus melakukan regulasi tegangan, hal itu tidak dilakukan oleh kiprok. hasilnya tegangan ke lampu lebih besar.
Jika kondisi standar tanpa modif, tegangan ke lampu kisaran 13-14V, dengan cara ini, bisa dimodifikasi hingga sampai 15 atau bahkan 16V. resikonya ada, jelas bohlam umurnya bisa lebih pendek. dan jangan terlalu khawatir, bohlam2 bermerek terkenal, dg rating 12V, rata2 mampu dihajar sampai 18V. bohlam wuerth yg harganya 80-100rb itu malah baru koit ketika dikasih tegangan 60V++

kalau ditanya mengapa pake resistor 680ohm, gak pake yg lain, misalnya 1KOhm, atau 100 Ohm. Jawabannya, sebenarnya bisa memakai semua resistor, mulai 100-1K bisa dipakai. tapi seberapa terang yang ente inginkan, ane juga tidak tau. jadi harus melakukan trial and error. paling mudah menggunakan potensiometer a.k.a variable resistor. ente bisa memanipulasi dg memutar2 potensio, sampai dirasa tingkat kecerahan bohlam paling cocok dengan yang ente inginkan. dengan catatan, cek juga tegangan yang masuk ke lampu, jangan lebih dari 16V, biar bohlam agak awet, gak terlalu panas. semakin gede nilai resistor, tegangan yg masuk kelampu semakin gede juga. sementara ukuran 680Ohm ini adalah nilai yg masih masuk kategori aman (~15-16VAC), jangan harap nilai tiap motor sama persis ya. faktor2 yg berpengaruh adalah spul, kabel dan kiproknya. tiap motor kondisinya gak sama, jadi jangan berharap hasilnya juga sama persis. perlu trial n error dengan resistornya. berhubung harga resistor murah (200rp), ente bisa beli banyak ukuran sekaligus, misal 330,470,500,620,680,820,1K. ntar dicoba2 sendiri mana yg paling cocok dengan motor anda..
ingat, tujuan memodifikasi jalur ini adalah meningkatkan tegangan yg masuk ke lampu, supaya lampu lebih terang dari standarnya. maka perlu dicari titik keseimbangan antara tegangan yg aman masuk ke lampu,
Poskan Komentar